Meet Up Best Bunda : Pentingnya ASI Untuk Bayi

IMG-20171212-WA0010
Foto bersama komunitas Best Bunda. sumber : Best Bunda

Pada tanggal 2 Desember 2017, Best Bunda mengadakan meet up di Uma Dapur Indonesia, Yogyakarta. Jogja merupakan kota kedua yang dipilih untuk tempat meet up dan meet up kali ini berjudul Jogja Oxytocin Journey. Setelah selesai melakukan registrasi ulang bagi para peserta meet up, acara inti segera dimulai saat jam menunjukkan sekitar pukul 15.30.

Pembicara kali ini bernama Ibu Arit Widowati, seorang konselor menyusui dan ibu bekerja dengan 5 anak full ASI. Ibu Arit berbagi pengalaman dengan para peserta meet up dan juga memberikan kunci sukses memenuhi hak asi untuk bayi.

IMG-20171212-WA0011
suasana acara meet up. Dok.pribadi

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi karena memiliki segudang manfaat yang kandungannya tidak dapat digantikan oleh apapun. Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI untuk bayinya walaupun kadang mengalami berbagai kendala baik kendala dari si ibu itu sendiri atau dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Tetapi semua itu kembali kepada tanggung jawab yang ada pada si ibu. Oleh karena itu harus ada tekad yang kuat agar bisa memenuhi ASI untuk bayi sempurna selama 2 tahun. Dalam agama islam menyusui hingga usia anak 2 tahun sudah dijelasakan di dalam Al Quran pada surat Al-Baqarah : 233, Luqman :14 dan Ath-Thalaaq : 6. Selain itu pentingnya menyusui dalam agama kristen juga dijelasakan di Alkitab yaitu pada Petrus 2:2, Mazmur 22:10, Mazmur 8:2, dan Hosea 1:8. Selain tekad yang kuat, harus ada keyakinan bahwa rejeki seorang anak sudah diberikan oleh Allah termasuk ASI  di dalam payudara sang Ibu.

Kemudian yang harus diperhatikan lagi adalah pemilihan tempat bersalin, apakah Pro IMD dan Pro ASI. Ya pemilihan tempat bersalin yang tidak pro IMD bisa membuat bayi kehilangan masa IMD  hingga akhirnya bisa saja tidak mengenal ASI. IMD kepanjangan dari Inisiasi menyusui dini yang tidak boleh dilewatkan karena merupakan tahapan untuk mengenal menyusu bagi bayi baru lahir.

Bayi baru lahir hanya membutuhkan ASI sekitar 5-7ml karena lambungnya juga masih sangat kecil. Jadi jangan sampai negatif thinking ketika melihat ASI yang keluar hanya sedikit. Kebutuhan ASI untuk bayi akan bertambah seiring dengan petumbuhan dan perkembangan bayi. Lalu ketika memang merasa ASI tidak mencukupi, ada baiknya kita mencari tahu dulu bagaimana ASI itu berproduksi dan juga hormon-hormon yang mempengaruhi produksi ASI.

Selain itu mengenali bahwa bayi sudah cukup ASI atau belum dapat diketahui di usia 5 hari ke atas. Ciri-ciri bayi yang cukup mendapatkan ASI diantaranya bayi buang air kecil sebanyak 6x atau bahkan lebih selama sehari, bayi akan melepaskan menyusu ketika sudah merasa kenyang, bayi akan tertidur setelah menyusu karena ASI mengandung hormon endorfin, berat badan bayi naik sebesar 500 gram hingga 1kg pada trisemester pertama dan bayi akan buang air besar 2x sehari dengan warna gelap atau menuju cerah setelah 15 hari pertamanya.

IMG-20171212-WA0012
ASI Booster Tea dan Rufani Snack. Dok.pribadi

Terus kapan sih kita membutuhkan booster ASI? Jawabannya adalah ketika ibu sudah berkonsultasi kepada konselor menyusui atau komunitas yang peduli ASI agar dilakukan pendampingan. Konsumsi Booster ASI juga diperbolehkan. Best Bunda memperkenalkan ASI Booster Tea (ABT) bagi ibu-ibu yang membutuhkan booster ASI. Komposisi ABT berupa daun-daunan mediterania yang sudah diuji klinis dan alami. Oh iya di acara meet up Best Bunda ini juga tersedia produk terbarunya ABT berupa ABT superdrink yang praktis banget, tinggal tuang-aduk-minum saja.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan tanya jawab seputar menyusui. Para peserta terlihat antusias dalam sesi tanya jawab. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 17.30,kemudian acara kemudian di tutup dengan sesi foto bersama.

Leave a comment